Rabu, 27 Februari 2013

Akses Internet Telepon Seluler

Telepon seluler (handphone) merupakan alat komunikasi tanpa kabel. Pada perkembangannya, telepon seluler menyediakan fasilitas kamera, pemutar video, hingga pemutar musik. Saat ini perusahaan penyedia telepon seluler menciptakan telepon yg dikategorikan smartphone. Berbagai jenis telepon seluler bahkan sudah menyediakan fasilitas internet. Dengan demikian, pengguna telepon seluler dapat mengakses internet dengan alat tersebut. Halaman situs atau website dapat diamati pada layar telepon seluler.


Koneksi internet melalui telepon seluler merupakan bentuk lain teknologi wireless. Layanan ini diperuntukkan bagi peralatan bergerak (mobile wireless). Telepon seluler menyediakan berbagai jenis layanan internet sesuai kecepatan akses fiturnya.

A. Wireless Application Protocol (WAP)
WAP merupakan hasil kerja sama sektor industri untuk membuat standar terbuka berbasis internet dan protokol yg telah dioptimalkan untuk layanan wireless. Teknologi WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan lebih kurang 9,6 kbps. Oleh karena terbatasnya kecepatan, pihak provider mengembangkan teknologi High Speed Circuit Switched Data (HSCSD) pada jaringan Global System for Mobile Communications (GSM) dengan kecepatan transfer data 57,6 kbps.

B. General Packet Radio Service (GPRS)
GPRS merupakan teknologi generasi kedua yg berfungsi untuk meningkatkan kecepatan transfer data. Teknologi GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatan akses, yaitu mencapai 115 kbps. GPRS mendukung format data lebih luas termasuk aplikasi gratis dan multimedia. Kemajuan teknologi mendorong terciptanya teknologi dengan kecepatan transfer data tinggi, yaitu Enchanced Data Rates for GSM Environment (EDGE). EDGE sering disebut dengan teknologi generasi 2,5 (2,5G) dengan kecepatan transfer 384 kbps.

C. 3G
Sejalan tingkatnya peradaban, pengguna telepon seluler menginginkan pada saat bertelepon dapat saling bertatap muka (video calling). Selain itu, pengguna menginginkan pengiriman foto dan video dengan cepat. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, perusahaan telepon seluler mengembangkan teknologi wireless mobile generasi ketiga (3G), yaitu Wideband Code Division Multiple Acces (W-CDMA) atau disebut Universal Mobile Telecommunication Service (UMTS). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar