Selasa, 26 Februari 2013

LAN, MAN, dan WAN

LAN
Sebuah jaringan area lokal (LAN) adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer di daerah terbatas seperti sekolah, rumah, laboratorium komputer, atau gedung perkantoran menggunakan media jaringan. mendefinisikan karakteristik LAN, berbeda dengan wide area network (WAN), termasuk mereka yang biasanya lebih tinggi kecepatan transfer data, wilayah geografis yang lebih kecil, dan kurangnya kebutuhan telekomunikasi leased baris.


ARCNET, Token Ring dan standar teknologi lainnya telah digunakan di masa lalu, tetapi Ethernet lebih dari kabel twisted pair, dan Wi-Fi adalah dua teknologi yang paling umum saat ini digunakan untuk membangun LAN.

LAN adalah jaringan komputer yang mencakup lebih dari satu area.It kecil menghubungkan komputer dan workstation untuk berbagi data dan sumber daya seperti printer atau Faxes. Lan terbatas pada area yang kecil seperti rumah, kantor atau kuliah

MAN
Sebuah jaringan area metropolitan (MAN) adalah jaringan komputer yang biasanya mencakup sebuah kota atau kampus besar. Sebuah MAN biasanya interkoneksi sejumlah jaringan area lokal (LAN) dengan menggunakan teknologi tinggi-kapasitas backbone, seperti serat-optik link, dan menyediakan layanan up-link ke jaringan area luas (atau WAN) dan Internet.

The IEEE 802-2002 standar menggambarkan MAN sebagai:
"MAN dioptimalkan untuk wilayah geografis yang lebih besar dari LAN, mulai dari beberapa blok bangunan untuk seluruh kota. MAN juga dapat bergantung pada saluran komunikasi dari moderat ke tinggi kecepatan data. MAN mungkin dimiliki dan dioperasikan oleh satu organisasi, tetapi biasanya akan digunakan oleh banyak individu dan organisasi. MAN juga mungkin dimiliki dan dioperasikan sebagai utilitas publik. Mereka sering akan menyediakan sarana untuk internetworking jaringan lokal. "

Penulis Kenneth C. Laudan dan Jane P. Laudon (2001) Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital ed 10. mendefinisikan jaringan area metropolitan sebagai:
"Sebuah Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer besar yang mencakup area metropolitan atau kampus. Cakupan geografis Its jatuh antara WAN dan LAN. MAN menyediakan konektivitas Internet untuk LAN di wilayah metropolitan, dan menghubungkan mereka ke jaringan area yang lebih luas seperti Internet


WAN
Sebuah Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang mencakup area yang luas (yaitu, setiap jaringan telekomunikasi yang menghubungkan seluruh metropolitan, regional, atau batas-batas nasional) menggunakan transportasi jaringan swasta atau publik. Bisnis dan pemerintah entitas memanfaatkan WAN untuk relay data antara karyawan, klien, pembeli, dan pemasok dari berbagai lokasi geografis. Pada dasarnya, ini modus telekomunikasi memungkinkan bisnis untuk secara efektif melaksanakan fungsi sehari-hari yang terlepas dari lokasi. Internet dapat dianggap sebagai WAN juga, dan digunakan oleh bisnis, pemerintah, organisasi, dan individu untuk tujuan hampir semua dibayangkan.

Istilah terkait untuk jenis lain dari jaringan adalah jaringan wilayah pribadi (PANS), jaringan area lokal (LAN), jaringan area kampus (kaleng), atau jaringan area metropolitan (MAN) yang biasanya terbatas pada sebuah ruangan, gedung, kampus atau metropolitan tertentu daerah (misalnya, sebuah kota) masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar